Manfaat Aprikot Untuk Kesehatan

Penuh aroma dan manis, aprikot emas-oranye adalah makanan musim panas lainnya yang khas Asia. Buah yang sangat berharga ini pertama kali dibawa ke Eropa oleh orang-orang Yunani, yang menamakannya sebagai "telur emas matahari".

Secara botani, buah ini berhubungan erat dengan persik dan nektarin ; berbagi dengan mereka di keluarga pohon Rosaceae yang lebih luas dalam genus; Prunus. Nama ilmiah: Prunus armenia. Saat ini, beberapa daerah penghasil utama buah ini adalah Turki, Iran, Italia, Prancis, Spanyol, Suriah, Yunani, dan China.
Manfaat Aprikot Untuk Kesehatan

Aprikot adalah pohon daun berukuran sedang yang tumbuh paling baik di lereng gunung yang dikeringkan dengan baik. Selama musim semi, ia memiliki banyak bunga putih kehijauan yang indah yang menarik lebah. Buahnya memiliki ukuran hampir seragam, diameter 4-5 cm, dan beratnya sekitar 35 g. Dalam struktur; Buahnya adalah buah nuri, terdiri dari lubang tunggal terpusat yang dikelilingi oleh daging renyah dan aromatik yang dapat dimakan. Benih yang dilapisi kerang berbatu keras sering disebut "batu".

Aprikot segar dan matang memiliki rasa manis yang mirip dengan plum . Buah aprikot organik yang tersusun bergizi lebih padat daripada yang segar, meski kandungan vitamin Cnya kurang. Kernel benihnya juga dapat dimakan dan rasanya seperti kacang almond . Minyak yang diekstrak dari kernel ini digunakan untuk memasak.

Manfaat kesehatan aprikot

  • Buah segar rendah kalori, hanya menghasilkan 50 kalori per 100 g berat. Meskipun demikian, mereka adalah sumber serat makanan, antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat baik. Buah yang diperkaya dengan banyak phytochemicals yang mempromosikan kesehatan membantu mencegah penyakit jantung, mengurangi kadar LDL, (kolesterol jahat) dan menawarkan perlindungan terhadap kanker.
  • Aprikot adalah sumber vitamin-A dan karoten yang sangat baik . 100 gram buah segar membawa 1926 IU atau 64% dari tingkat vitamin A yang dibutuhkan setiap hari. Senyawa ini diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin-A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan karoten membantu melindungi tubuh dari kanker rongga paru dan mulut.
  • Buah segar mengandung vitamin C, antioksidan alami lainnya. Vitamin-C membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengais radikal bebas oksigen berbahaya.
  • Mereka juga merupakan sumber mineral yang baik seperti potasium, besi, seng, kalsium dan mangan. Kalium adalah mineral jantung sehat; komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.
  • Nilai antioksidan atau ORAC total aprikot segar adalah 1115 μmol TE / 100 g. Sebagian besar nilai ini dikaitkan dengan beberapa kesehatan penting yang mempromosikan antioksidan fenolik flavonoid poli fenolik seperti lutein, zeaxanthin , dan beta-cryptoxanthin . Secara keseluruhan, senyawa ini bertindak sebagai pemulung pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan, kanker dan berbagai proses penyakit.
  • Selanjutnya, zeaxanthin , karotenoid yang secara selektif terkonsentrasi di "macula lutea" retina di mata manusia yang diperkirakan memberi fungsi penyaringan sinar UV dan pelindung sinar UV. Dengan demikian, konsumsi buah yang kaya zeaxanthin membantu melindungi mata dari penyakit makula terkait usia (age-related macular disease / AMRD), terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Seleksi dan penyimpanan

Musim Aprikot berlangsung dari bulan Mei sampai September. Belilah buah-buahan warna segar, matang, berwarna oranye-oranye yang memiliki ukuran seragam, dan aroma yang menyenangkan.

Hindari yang memiliki kulit kuning pucat saat mereka memungut terlalu dini dari pohon. Berhati-hati saat menangani buah halus yang matang. Simpan di kulkas di dalam nampan telur yang dilengkapi dengan kelembaban relatif tinggi. Gunakan aprikot sedini mungkin. Aprikot yang disisir sama-sama terkenal sebagai buah segar dan dapat tersedia di pasar di seluruh dunia.

Metode Persiapan dan Penyajian

Cuci buah-buahan segar dengan lembut di air dingin dan keringkan dengan kain lembut. Makan buah matang dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat maksimal.
  • Bagian irisan buah bisa menjadi tambahan yang bagus untuk salad.
  • Mereka juga emplyed di selai, selai jeruk, sirup, dan persiapan jelly.
  • Buah organik yang diolah bisa digunakan seperti kismis dan kismis di industri manis / kembang gula.

Profil keamanan

Aprikot kering sering dikelantang dengan gas sulfit yang mencegah oksidasi untuk memperpanjang umur simpannya. Pemutihan juga dilakukan dengan buah kering lainnya seperti kismis , buah ara , dll. Namun, konsumsi aprikot jeruk manis yang diobati dengan sulfit dapat menyebabkan bronkospasme akut pada orang-orang peka yang menderita episode asma. Oleh karena itu, individu sensitif sulfit malah bisa dengan aman menggunakan buah kering un-sulfured yang memiliki warna coklat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan Dan Manfaat Buah Pisang

Fakta Lebenaran Tentang Acai Berry